Beranda » Info Banyuwangi » Banyuwangi Gelar Webinar Parenting Libatkan Ribuan Peserta

BANYUWANGI – Kabupaten Banyuwangi menggelar webinar parenting dengan melibatkan ribuan peserta. Selama tiga hari, para orang tua peserta akan mendapatkan ilmu pengasuhan anak terkait pembelajaran online dan offline saat pandemi ini. 

Webinar dibuka langsung oleh Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas  dari Pendopo kabupaten, Sabtu (20/3/2021). Ribuan peserta tersebut tersebar di 75 titik se-Banyuwangi. 

Bupati Ipuk berharap webinar ini dimanfaatkan banyak pihak untuk pengasahan kepada anak, khususnya di masa transisi pembelajaran. Dari yang awalnya online penuh, kini mulai pembelajaran tatap muka (PTM). 

“Semua orang tua dan pendidik tentunya perlu penyesuaian kembali bagaimana menyiasati kondisi semacam ini. Mulai dari orang tua maupun para guru,” kata Ipuk.

Ipuk menambahkan bahwa dibutuhkan tim parenting di setiap sekolah untuk memantau perkembangan anak didik. Tim ini akan berhubungan secara aktif dengan orang tua. 

“Parenting harus menjadi perhatian sekolah ke depan. Dibutuhkan sebuah sistem yang bisa menghubungkan orang tua dengan pendidik terkait perkembangan anak didiknya. Sistem tersebut juga memungkinkan adanya forum diskusi atau konsultasi antara orang tua dengan sekolah,” ujar Ipuk. 

Webinar yang melibatkan ribuan peserta ini mendapat apresiasi dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Direktur Pelaksana MURI, Yusuf Ngadri mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan Banyuwangi ini dinyatakan meraih rekor MURI atas peserta webinar terbanyak se-Indonesia, khususnya dalam penyelenggaraan di masa pandemi. 

“Yang menarik, kegiatan ini diselenggarakan secara serentak di 75 titik di Banyuwangi dari 25 kecamatan, dengan masing-masing titik menghadirkan 25 peserta. MURI menjadi saksi penyelenggaraan seminar edukasi parenting bagi orang tua siswa se Kabupaten Banyuwangi,” kata Yusuf.

Ditambahkan Plt Kepala Dinas Pendidikan, Suratno, kegiatan ini menyasar para praktisi pendidikan, orang tua dan wali murid. Kegiatan ini diselenggarakan untuk menguatkan peran orang tua sebagai pendidik yang pertama dan utama. Sedangkan narasumber merupakan orang-orang yang berkompeten di bidangnya dan sudah terseleksi dengan ketat.

“Kegiatan ini digelar selama tiga hari. Terdapat 75 narasumber yang berasal dari berbagai disiplin ilmu, di antaranya dosen, psikolog, dan guru Bimbingan Konseling. Mereka akan mendampingi para orang tua untuk belajar ilmu parenting,” terangnya. (*)

 

Sumber : banyuwangikab.go.id

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.