Beranda » Info Banyuwangi » Banyuwangi Segera Laksanakan Vaksinasi Tahap II

Banyuwangi – Pemerintah Kabupaten Banyuwangi segera melaksanakan vaksinasi tahap II. Itu setelah pemkab menerima kiriman dari Pemprov Jawa Timur sebanyak 22.860 dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac.

Vaksin tersebut sudah sampai di Banyuwangi pada Selasa malam (23/2/2021). Saat ini, vaksin tersebut berada di kamar penyimpanan vaksin milik Dinas Kesehatan dengan pengawalan ketat anggota TNI dan Polri.

Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi dr. Widji Lestariono menyebut vaksin yang diterima sebanyak 2.540 vial atau sekitar 22.860 dosis untuk pelaksanaan vaksinasi tahap II.  

“Alhamdulillah, 22.860 dosis vaksin covid 19 telah tiba di Banyuwangi. Saat ini kami simpan di kamar pendingin penyimpan vaksin,” jelas Rio, sapaan Widji Lestariono.

Diterangkan Rio, jumlah yang diterima Banyuwangi itu sekaligus diperuntukkan untuk pelaksanaan penyuntikan dosis 1 dan dosis 2. Sehingga pada tahap II ini akan menyasar 11.430 orang sebagai penerima vaksin. 

Rio juga menyebutkan, untuk tahap II ini yang menjadi sasaran, yaitu TNI/Polri, petugas pelayan publik, jurnalis, dan angota legislatif. “Termasuk tenaga dan petugas kesehatan yang belum menerima vaksin akan menjadi sasaran pada vaksinasi tahap II  ini,” jelasnya.

Sebelumnya, Banyuwangi sudah menerima 11.280 dosis vaksin tahap I pada akhir Januari 2021. Vaksin tahap I itu diprioritaskan bagi tenaga kesehatan di Banyuwangi.

Terkait distribusi vaksin, kata Rio, seluruh fasilitas kesehatan pemberi layanan vaksinasi covid 19 akan mengambil jatah kuotanya ke Banyuwangi mulai hari Kamis pada 25 Februari. 

“Hari ini kita akan lakukan pendataan dan validasi sasaran penerima vaksin. Baru hari Kamis, semua fasilitas kesehatan penyelenggara vaksinasi akan mengambil di Dinas Kesehatan,” ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi di Banyuwangi tahap II akan dimulai pada Jumat 26 Februari 2021 serentak. “Kami harap, semua sasaran vaksin bisa kami selesaikan dalam rentang satu pekan,” imbuhnya.

Sementara itu, Plh Bupati Banyuwangi Mujiono menyambut baik kedatangan vaksin Sinovac tahap II ini di Banyuwangi. Dia berharap dengan datangnya vaksin tahap II ini dan meluasnya jumlah sasaran, secara bertahap bisa melandaikan kurva penyebaran virus corona di daerah.

“Tentu ini akan menjadi semangat bagi kita semua untuk bangkit dari pandemi COVID-19 ini. Meski begitu, kami tetap ingatkan masyarakat untuk tetap menjaga disiplin protokol kesehatan covid 19. Memakai masker, kebiasaan mencuci tangan, juga menjaga jarak dan menjauhi kerumunan harus tetap kita biasakan untuk mencegah penyebaran covid 19,” pesan Mujiono.  (*)

 

Sumber : banyuwangikab.go.id

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.